Ceramah Agama: Amalku Sia-sia (3 Orang Pertama Dimasukkan ke Neraka) – Ustadz Abu Zubair Al-Hawaary

Ceramah Agama: Amalku Sia-sia (3 Orang Pertama Dimasukkan ke Neraka) – Ustadz Abu Zubair Al-Hawaary

Amal Jariyah? Ingin mendapatkan amal jariyah? Bagaimana cara agar amal jariyah kita tidak sia-sia?

Suatu amalan dalam agama Islam dikatakan sebagai amal sholeh apabila terpenuhi di dalamnya dua syarat, yaitu ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam dalam hal sebab, jenis, kadar, tata cara, waktu, dan tempat. (lihat Ahkam Min al-Qur’an [1/94])

Ada banyak amal yang dicintai Allah atau amalan yang disukai Allah. Di antara amal yang dicintai Allah atau amalan yang disukai Allah adalah menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain, memberi makan orang yang kelaparan, menahan amarah, dan masih banyak lagi.

Di antara amalan lainnya yang baik untuk kita lakukan yaitu amalan sebelum tidur, amalan hari Jumat, amalan ayat kursi (ada waktu 3 utama membaca ayat kursi; ketika pagi dan petang, sebelum tidur, dan setelah sholat 5 waktu), amalan bulan Ramadhan, amalan penghapus dosa (HR. al-Bukhari No. 7563), amalan saat haid, amalan ibu hamil (Buku “Wirid-Wirid Menjelang Persalinan”), dan amalan lainnya yang sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Banyak di antara saudara kita yang mencari amalan cepat kaya, amalan kaya raya secepat kilat, amalan kaya uang, amalan lunas hutang 1 hari, dan semisalnya.

Terdapat amalan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berupa doa yang sangat bermanfaat dan baik diamalkan untuk orang yang menginginkan banyak harta dan kemudahan terlepas dari sulitnya utang.

• Doa Meminta Umur Panjang dan Banyak Harta

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

ALLAHUMMA AKTSIR MAALII WA WALADII, WA BAARIK LII FIIMAA A’THOITANII WA ATHIL HAYAATII ‘ALAA THOO’ATIK, WA AHSIN ‘AMALII WAGHFIRLII

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku”.

(HR. al-Bukhari No. 6334)

• Doa agar Terlepas dari Sulitnya Utang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL MA’TSAMI WAL MAGROM

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang”.

(HR. al-Bukhari No. 2397)

Amal jariyah adalah sebutan bagi amalan yang terus mengalir pahalanya, walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia. Di antara 3 amal jariah yaitu sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya. (HR. Muslim No. 1631)

Ada hadits lainnya yang menyebutkan 7 amal jariah, di antaranya yaitu ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan, anak shalih yang ia tinggalkan, mushaf al-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun. rumah bagi ibnu sabil (musafir yang terputus perjalanan) yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, sedekah yang ia keluarkan dari harta ketika ia sehat dan hidup. (HR. Ibnu Majah No. 242. Syaikh al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Namun sangat disayangan apabila kita sudah bersusah payah melakukan berbagai amalan harian tetapi amalan harian yang kita lakukan sia-sia. Ini adalah orang-orang yang merugi.

Seorang muslim tidak boleh menetapkan suatu amalan dan fadhilah (keutamaan) kecuali dengan dalil yang shahih dan pemahaman yang benar. Lalu adakah amalan pengasihan dan amalan asmaul husna?

Di dalam sebuah hadits riwayat Muslim, ada 3 orang yang terpilih di mata manusia, tetapi ternyata paling sia-sia di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Bahkan 3 orang ini adalah orang yang paling dahulu dicampakkan ke dalam neraka.

Siapakah 3 orang yang amalannya sia-sia di hari kiamat? Sudah tahu kiat-kiat agar amalan kita diterima Allah ta’ala?

Yuk, simak selengkapnya dalam video Yufid TV “Ceramah Agama: Amalku Sia-sia (3 Orang Pertama Dimasukkan ke Neraka) – Ustadz Abu Zubair Al-Hawaary” berikut.
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar lebih tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: [email protected]

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se

Related Post: