Buat Lawan Politik, Kalau Ingin Kalahkan Jokowi, Tak Ada Cara Lain Selain Strategi Ini

Buat Lawan Politik, Kalau Ingin Kalahkan Jokowi, Tak Ada Cara Lain Selain Strategi Ini

Peneliti dari Lembaga Survei Indonesia Adjie Alfaraby mengatakan lawan politik harus bersatu kalau ingin mengalahkan Joko Widodo di pemilu presiden 2019. Adjie menyebut Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, dan Gatot Nurmantyo.

“Kalau oposisi ingin menang seperti pemilu di Malaysia, maka pihak oposisi harus bersatu. Tidak ada cara lain,” kata Adjie di kantor LSI, Jakarta Timur, Senin (14/5).

“Intinya mereka harus bersatu. Kalau kita lihat dari segi gesekan, ada beberapa isu yang sama dengan Malaysia, seperti isu ekonomi, isu masuknya tenaga kerja asing, masalah korupsi, serta masalah lapangan pekerjaan,” Adjie menambahkan.

Yang lebih penting lagi adalah lawan-lawan politik Jokowi harus terlebih dahulu menentukan tokoh yang bakal diusung menjadi calon presiden.

“Tetapi sekarang sejauhmana elit ini dalam menentukan siapa yang menjadi lawan Jokowi. Sehingga, ini kita sebut bahwa peluang oposisi di Indonesia bisa menang. Itu juga kalau semua tokoh oposisinya bersatu,” kata dia.

Adjie kemudian menyampaikan analisa lebih jauh tentang kans lawan politik Jokowi.

“Dua nama yang masih potensial sampai saat ini adalah Prabowo dan Gatot. Mereka tidak bisa disatukan, seperti Prabowo capresnya, Gatot cawapresnya atau sebaliknya,” kata dia.

Sumber:
Akurat

Related Post: