Mata Najwa Part 2 – Pilah-pilih Mubalig: JK: Perlu Ada Kode Etik untuk Ulama

Setelah Kementerian Agama melemparkan bola daftar rekomendasi 200 mubalig ke Majelis Ulama Indonesia (MUI), rencananya MUI akan memberikan sertifikasi bagi mubalig.

Ketua MUI, Ma’ruf Amin mengatakan, prinsipnya bukan sertifikasi mubalig, tapi mubalig yang disertifikasi. “Bukan itu. Kalau itu seperti SIM. Tapi ini sifatnya kesukarelaan, bukan keharusan,” katanya.

Nantinya, MUI akan membuat panitia seleksi yang ditangani oleh komisi dakwah. Sejumlah syarat antara lain mubalig yang akan diberikan sertifikat itu menyatakan kesediaannya. Lalu, tidak bermasalah dalam aspek kompetensi, moral dan hukum.

“Keempat, tidak ada catatan-catatan buruk ketika dia menjadi mubalig. Tidak menimbulkan kegaduhan,” kata Ketua MUI Ma`ruf Amin.

Selanjutnya, Ma’ruf Amin mengatakan, nantinya akan ada pakta integritas antar organisasi Islam. Semua akan diatur dalam kode etik dalam berdakwah.

Sementara menurut Wakil Presiden yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, hal ini merupakan niat baik dan perlu dilaksanakan dengan baik dan teratur. Dalam hal ini negara bisa ikut campur tangan, hanya memberikan kode etik. “Ini kan kalau ada pelanggaran pidana itu bisa juga dikenakan, menghasut di masjid dan tempat dakwa. Itu harus diatur kode etiknya,” katanya. (Narasi)

Jangan lupa subscribe, tinggalkan komentar dan share..

ada juga Narasi Channel: http://bit.ly/NARASICHANNEL

dan Nara-Z http://bit.ly/NARA-Z

Mari subscribe yuuk..

https://www.instagram.com/najwashihab
https://twitter.com/NajwaShihab
https://www.facebook.com/najwashihabofficial

YouTube Business Inquiries: [email protected]

Najwa Shihab Youtube is under management of:
dr.m, Indonesia’s 1st Certified & Official Youtube MCN
https://servicesdirectory.withyoutube.com/directory/pt-digital-rantai-maya-drm

Post Author: CoinCryptoNews