Ibu Melahirkan di Mobil Bak Patroli Koramil, Karena Tak Ada Angkutan Umum

TRIBUN-VIDEO.COM – Seorang ibu di Kabupaten Bengkayang terpaksa melahirkan bayinya di atas mobil dinas Koramil 1202-01/Bengkayang.

Insiden tersebut terjadi di Dusun Sungai Durian Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang, Kamis (05/07/2018).

Kejadian bermula ketika Antonia (26) yang sedang hamil tua dan hendak berangkat ke RSUD Kabupaten Bengkayang menggunakan kendaraan umum untuk bersalin.

Namun setelah lama menuggu, Antonia dan sang suami Yanto tak segera mendapatkan kendaraan umum.

Warga yang mengetahui kondisi Antonia lantas melaporkan hal tersebut ke Babinsa.

Kebetulan saat itu pada pukul 13.30 WIB, salah satu anggota Koramil 1202-01/Bengkayang, yakni Kopda Samsul Hadi Irawan baru saja melaksanakan anjangsana dan komsos dalam rangka cipta kondisi untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Saat melaksanakan anjangsana dan komsos di wilayah binaan, warga meminta bantuan kepada Babinsa, karena ada ibu yang hendak melahirkan dan minta tolong dibawa ke rumah sakit,” ujar Danramil 1202-01/Bengkayang Kapten Inf Asswani Kunto, Kamis (05/07/2018) saat menjenguk Ibu Antoni di RSUD Kabupaten Bengkayang.

Antonia lantas dibopong ke atas mobil dinas Kormil untuk dibawa ke rumah sakit.

Namun karena sudah tidak kuat menahan, Antonia melahirkan secara darurat di dalam mobil.

Padahal posisi mobil telah berhasil sampai di Rumah sakit,tepatnya di depan RSUD Kabupaten Bengkayang.

Hanya menggunakan kain sprai untuk menutupi bagian belakang bak tersebut, Antoni melahirkan dengan selamat.

Danramil 1202-01/Bengkayang Kapten Inf Asswani Kunto, memuji kepekaan anggotanya dalam melihat kondisi masyarakat di sekitar.

“Alhamdulillah meski dalam persalinan darurat kondisi bayi dan sang ibu sama-sama selamat dan kondisinya segera pulih dan stabil ketika sudah dirawat di UGD,” tutur Danramil 1202-01/Bengkayang Kapten Inf Asswani Kunto.

Danramil 1202-01/Bengkayang Kapten Inf Asswani Kunto, memuji kepekaan anggotanya dalam melihat kondisi masyarakat di sekitar.

“Sikap siaga dan tulus itulah yang selama ini saya benamkan pada setiap anggota, agar membantu masyarakat terutama mereka yang sangat membutuhkan pertolongan kita di lapangan,” kata Danramil 1202-01/Bengkayang Kapten Inf Asswani Kunto.

Antonia dan keluarganya sangat berterima kasih kepada anggota Koramil 1202-01/Bengkayang dan mengapresiasi kesigapan mereka kepada masyarakat.

Simak video di atas (Tribun-Video.com / Alfin Wahyu Yulianto)