Ada Apa dengan Minggu Tanggal 26? Ini Penjelasan BMKG

Ada Apa dengan Minggu Tanggal 26? Ini Penjelasan BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi infomasi yang beredar di media sosial mengenai ada apa dengan tanggal 26? dan ada apa dengan hari Minggu?.

Pernyataan ini disampaikan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto karena dalam infomasi tersebut melampirkan deretan kejadian gempabumi yang terjadi di tanggal 26 dan hari Minggu.

Dijelaskan Agus, setiap harinya gempabumi selalu terjadi di seluruh belahan dunia. Namun Tidak semua gempabumi tersebut dirasakan.

“Sampai saat ini belum ada negara dengan teknologi apapun di dunia yang mampu memprediksi kapan, dimana dan berapa kekuatan gempabumi yang akan terjadi secara tepat hari dan tanggalnya. Tidak semua gempabumi besar terjadi pada tanggal 26 dan pada hari Minggu,” jelas Agus dalam surat resminya.

Kata Agus, BMKG juga merupakan satu-satunya instansi resmi di Indonesia yang menginformasikan kejadian gempabumi dan tsunami. Maka bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya diharapkan tidak panik, tetap tenang dan slalu waspada dan tidak mudah mempercayai berita herila yang tidak benar (hoax).

“Selalu berkoordinasi dan melihat informasi terkini terkait gempabumi dan tsunami melalui web resmi BMKG,

Related Post: