PARAH!! EMBARGO AMERIKA KE INDONESIA Akibatnya Sangat Fatal Untung Ada Sukhoi

PARAH!! EMBARGO AMERIKA KE INDONESIA Akibatnya Sangat Fatal Untung Ada Sukhoi

Indonesia pernah kena embargo militer oleh amerika dan dampaknya sangat parah. Kata embargo mamarika memang masih membekas di dunia militer indonesia bagaimana tidak.
Sepuluh tahun embargo AS, ujar Andi, membuat kekuatan tempur udara Republik Indonesia mengalami kemerosotan tajam. Banyak pesawat tempur TNI Angkatan Udara harus di-grounded lantaran tak punya suku cadang.Embargo amerika ke indonesia tahun 1999.

Hal itu misalnya menimpa setengah lusin F-16 Fighting Falcon, sejumlah armada F-5 Tiger, sampai pesawat angkut militer C-130 Hercules yang seluruhnya buatan AS. Lebih parah lagi, beberapa pesawat Hawk 109/209 buatan Inggris –sekutu AS– yang dimiliki TNI juga ikut terkena embargo.

Embargo membuat banyak pesawat militer RI tak bisa diterbangkan sekalipun kondisinya baik, bahkan tergolong baru. Alhasil sia-sia saja memiliki armada tempur jika banyak yang tak bisa digunakan untuk menjaga kedaulatan wilayah Indonesia.sukhoi su 35 tni indonesia.
Beli senjata ke Amerika, ya akan tergantung kepada Amerika. Kalau hubungan Indonesia dengan Amerika sedang baik, tak apa-apa. Tapi kalau tiba-tiba bermasalah lalu diembargo, jadi tidak ada dukungan persenjataan

Hal itu pernah terjadi pada 1995 sampai 2005 saat Indonesia diembargo militer oleh Amerika Serikat. AS menyetop penjualan senjata, termasuk tak mau memberikan suku cadang yang diperlukan Indonesia untuk meremajakan pesawat-pesawat TNI yang dibeli dari mereka.

Related Post: