Massa Bantah Ada Tuntutan Turunkan Jokowi

Massa Bantah Ada Tuntutan Turunkan Jokowi

Demo di Depan Gedung DPR RI, Massa Aksi Bantah Adanya Tuntutan Turunkan Jokowi

TRIBUN-VIDEO.COM – Ribuan massa aksi dari berbagai kampus berkumpul menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Jakarta Gregorius Anco menegaskan massa aksi menuntut pembatalan Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi hasil revisi dan Rancangan KUHP.

Ia membantah kabar mengenai unjuk rasa yang ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu.

Dikutip dari Kompas.com, Anco menilai aksi unjuk rasa mahasiswa yang digelar di depan Gedung DPR MPR tersebut tidak ada unsur politik tertentu.

Menurut penuturannya, selama ini mahasiswa secara tegas menyuarakan tuntutan mengenai pembatalan UU KPK dan RUU KUHP.

Anco menilai RUU KPK dan RUKUHP tidak sesuai dengan reformasi.

Ia juga membantah adanya tuntutan mengenai penurunan Jokowi dari jabatan Presiden RI.

“Tuntutan kami jelas, RUU KPK dan RKUHP dibatalkan karena RUU itu bermasalah dan tidak sesuai dengan reformasi. Kan enggak ada tuntutan turunkan Jokowi,” ujar Anco kepada Kompas.com, Senin (23/9/2019).

Perwakilan BEM Universitas Trisakti Edmund Seko mengungkapkan pihaknya menggelar aksi dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya.

Setidaknya ada empat poin tuntutan mahasiswa dalam aksinya, yakni:
1. Merestorasi upaya pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme.
2. Merestorasi demokrasi, hak rakyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia, dan keterlibatan rakyat dalam proses pengambilan kebijakan.
3. Merestorasi perlindungan sumber daya alam, pelaksanaan reforma agraria dan tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif.
4. Merestorasi kesatuan bangsa dan negara dengan penghapusan diskriminasi antaretnis, pemerataan ekonomi, dan perlindungan bagi perempuan.

(Tribun-Video.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mahasiswa: Tuntutan Kami Jelas, Batalkan RKUHP dan UU KPK, Enggak Ada Lengserkan Jokowi”, https://nasional.kompas.com/read/2019/09/24/09142281/mahasiswa-tuntutan-kami-jelas-batalkan-rkuhp-dan-uu-kpk-enggak-ada?page=all.
Penulis : Kristian Erdianto
Editor : Diamanty Meiliana

Related Post: