Ada Radiasi Nuklir di Perumahan Batan Indah Serpong

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.TV – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menemukan adanya paparan radiasi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan.

Peristiwa berawal saat tim dari Bapeten melakukan uji tingkat radiasi di beberapa titik, meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong, pada 30 dan 31 Januari 2020. Hasil pengujian ditemukan tingkat radiasi di atas ambang batas, di dalam area Perumahan Batan Indah.

Tim kemudian memasang garis pembatas dan berusaha menemukan sumber radiasi tersebut. Garis pembatas dipasang agar tidak ada masyarakat yang mendekat.

Dari hasil penelitian sementara, asal radiasi muncul dari limbah atau sampah radioaktif dari teknologi nuklir yang telah digunakan.

“Tapi yang jelas ini ada sisa limbah atau sampah radioaktif jadi dari beberapa tanah itu ada kita lihat kecil-kecil itu adalah limbah entah dari mana itu yang kita cari,” kata Sekretaris Utama Bapeten, Hendrianto Hadi Tjahyono di lokasi, Sabtu (15/2).

Post Author: CoinCryptoNews