PRABOWO-SANDIAGA DEKLARASI, DEMOKRAT TDK ADA YG HADIR;CAPRES CAWAPRES GERINDRA PAN PKS;UAS;AHY;GNPF

PRABOWO-SANDIAGA DEKLARASI, DEMOKRAT TDK ADA YG HADIR;CAPRES CAWAPRES GERINDRA PAN PKS;UAS;AHY;GNPF

Sandiaga Uno Jadi Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2019

Abi Sarwanto, CNN Indonesia

Kamis, 09/08/2018 23:30

Ketua Umum Prabowo Subianto akhirnya memilih Sandiaga Uno sebagai cawapresnya pada pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Unosecara resmi dipilih oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiantosebagai calon wakil presidennya pada pilpres 2019.

“Tiga pimpinan partai politik telah memberikan kepercayaan kepada saya dan saudara Sandiaga Uno untuk maju sebagai calon presiden can calon wakil presiden untuk masa bakti 2019-2024,” kata Prabowo di rumahnya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (9/8).

Hadir dalam deklarasi, elite Partai Amanat Nasional (PAN) seperti Amien Rais, Zulkifli Hasan dan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seperti Sohibul Iman dan Salim Segaf Al Jufri. Namun tidak terlihat perwakilan elite Partai Demokrat dalam deklarasi yang juga dihadiri perwakilan

Sebelumnya, Sandiaga telah mengajukan surat keterangan Jakarta Pusat. Surat keterangan ini merupakan salah satu syarat mendaftarkan diri sebagai calon presiden atau calon wakil presiden 2019 yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Lihat juga:

 Jokowi Pilih Ma’ruf, PAN Minta Prabowo Pilih Cawapres Ulama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengaku ditawari posisi cawapres bagi Prabowo lebih dahulu ketimbang Sandiaga. Namun, Anies menolak tawaran itu.

“Sesudah saya menyampaikan tidak [ingin jadi cawapres], baru Pak Sandi [ditawarkan],” kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8).

Anies juga sudah berbicara dengan Sandiaga soal pencalonan sebagai cawapres. 

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan deklarasi Prabowo dan cawapresnya akan dilakukan pada malam ini. Hasim mengatakan peluang pasangan Prabowo-Sandiaga belum berubah hingga beberapa wa katanya.

Nama Sandiaga muncul belakangan pada bursa cawapres kubu Prabowo. Dia dianggap sebagai sosok yang bisa mewakili anak muda.

Lihat juntuk Demokrat

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade menyebut sosok cawapres yang diusung pihaknya merupakan sosok muda dan menarik. Dia pun menyebut pilihan ini berbeda dengan sosok pendamping Joko Widodo yang disebut

Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno juga sempat mendatangi Balai Kota Jakarta, Kamis (9/8) sore. Ia datang beberapa jam sebelum Prabowo Subianto mengumumkan calon wakil presiden.

Prabowo sempat menyambangi Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Aljufri pada Kamis sore ini. Ia keluar dari rumah Salim sekira pukul 16.20 WIB. Mantan Danjen Kopassus itu keluar rumah pada saat bersamaan Ketua GNPF Ulama Yusuf Martak juga datang ke kediaman Prabowo.

Menjelang pengambilan keputusan, Sandiaga telah mendatangi rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/8). 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Sehari jelang pengumuman, situasi sempat memanas ketika Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menyamepada Prabowo dan Sandiaga Uno. 

Dia menyebut Prabowo sebagai jenderal kardutelah membayar

“Prabowo te, malam in kedatangannya ke kuningan. Bahkan keinginan dia menjelaskan lewat surat sudahPrabowo lebih menghatga perjuangan. Jendral kardus,” tulis Andi Arief melalui akun Twitter @AndiArief_.

Lihat juga:

 Gerindra Pastikan PKS Dukung Cawapres Pilihan Prabowo

Andi Arief mengklaim memili mengenai dugaan r yang disiapkan Sandiaga untuk PAN dan PKS. Ia menyebut uang itu sebagai imbal balik agar Sandiaga, yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, dipilih menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo di pilpres 2019. 

Sementara itu, dalam beberapa kesempatan, Prabowo memang digadang-gadang akan dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada pilpres 2019. Prabowo sendiri beberapa kali telah bertemu dengan SBY. 

Pendaftaran capres dan cawapres pada pemilu 2019 akan ditutup Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (10/8). Kedua kubu recananya akan mendaftarkan jagoan masing-masing ke KPU besok. (pmg/DAL)

Bagikan :

prabowo subianto sandiaga unopilpres 2019 pemilu 2019 gerindrasandiaga ca

ARTIKEL TERK

Nasional24 menit yang lalu

VIDEO: Sandiaga Uno, dari Bisnis Terjun ke Politik

Nasional28 menit yang lalu
Sandiaga Ajukan Syarat Maju Pilpres ke PN Jakp

Cawapres Prabowo Mengerucut Dua Nama

Related Post: