Rocky Gerung: Opini Publik Menganggap Akan Ada Kecurangan di Pemilu 2019

Rocky Gerung: Opini Publik Menganggap Akan Ada Kecurangan di Pemilu 2019

Indonesia Lawyers Club #ILC, Selasa 18 Desember 2018 mengangkat tema Pemilu 2019: “Suara Rakyat Dalam Kardus”.

Sekretaris Fraksi PPP, Arsul Sani mengatakan keputusan untuk membuat kotak suara dari kardus merupakan hasil musyawarah mufakat komisi II DPR. Ia mengatakan saat itu semua fraksi mufakat secara ‘bulat’ dan tak ada yang walkout.

“KPU mengajukan di komisi II sudah disepakati semua fraksi dan itu tidak voting, itu mufakat bulat, tidak ada walkout, yang dipilih kotak suara berbahan karton kedap air yang satu sisinya ada transparannya,” kata Arsul di gedung DPR,” Jakarta, Senin 17 Desember 2018.

Ia menceritakan dalam proses di DPR mulanya ada pilihan antara mempertahankan kotak alumunium, tapi anggarannya besar. Namun akhirnya DPR dan KPU sepakat menggunakan kotak suara berbahan kardus di Pemilu 2019 mendatang dengan alasan biayanya murah dibanding dengan kotak aluminium.

“Kita harus bikin pemilu ini murah. Biaya produksi ini seingat saya mungkin hanya seperempatnya dari biaya produksi kalau kita pakai aluminium,” kata Ketua KPU RI, Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Senin 17 Desember 2018.

Bahkan Arief mengungkapkan tak hanya kotak suara yan terbuat dari kardus, bilik suara pada pemilu 2019 juga akan dibuat dari bahan dasar kardus.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid menyatakan lembaganya akan menjamin kekuatan #kotaksuara berbahan kardus yang akan digunakan di #Pemilu2019.

“Jadi dari sisi kekuatan kuat, ditimpa beban 80-90 kilo (kilogram) enggak penyok. Kotaknya itu ditumpuk empat atau lima kotak (ditumpuk sekaligus) itu enggak masalah,” kata Pramono di gedung KPU RI, Jakarta, Minggu 16 Desember 2018.

Pramono menjelaskan, berat kotak suara berbahan kardus bila sudah diisi surat suara sekitar 10,5 kilogram. “Nah, kalau dikalikan lima kotak baru 60-an kilo (kilogram), itu masih sangat mungkin kuat,” ujarnya.

Dia juga menjamin, dalam pengiriman kotak suara kardus ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, meskipun melalui laut dan sungai akan aman. “Dua kali dibungkus plastik,” ucapnya.

Pramono meminta KPU daerah untuk menyiapkan gudang penyimpanan kotak suara yang aman dan tidak dekat dengan sungai. Upaya itu agar saat banjir datang tidak terjadi seperti di Badung, sekitar 2.000 kotak suara lebih terendam banjir.

Jangan lupa untuk subscribe dan share video kita!
Cek juga channel lain nya ya

tvOne News http://bit.ly/2PqGbVb

Talkshow tvOne http://bit.ly/2Do3Z4Y

Radioshow http://bit.ly/2qLJ5oP

SportOne http://bit.ly/2DFdpcX

OnePride Pro Never Quit http://bit.ly/2K61mFX

Damai Indonesiaku http://bit.ly/2zRk5AA

Dan Follow Juga Sosial Media Kami

Twitter: https://twitter.com/tvOneNews

Facebook: http://facebook.com/tvOneNews

Instagram: http://instagram.com/tvOneNews

———————————————————————————

Related Post: