ADA GELOMBANG PERPINDAHAN SUARA PASCA UAS DUKUNG PRABOWO;INI PERKIRAANNYA;PILPRES 2019;PRABOWO-SA

ADA GELOMBANG PERPINDAHAN SUARA PASCA UAS DUKUNG PRABOWO;INI PERKIRAANNYA;PILPRES 2019;PRABOWO-SA

Prabowo Subianto diprediksi akan mendapat limpahan suara yang besar dengan adanya pernyataan dukungan dari Ustaz Abdul Somad alias UAS kepada capres nomor urut 02 itu.

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, berdasarkan riset terakhir lembaganya yang sudah dirilis beberapa hari lalu, tokoh agama punya pengaruh besar sebagai patron politik pemilih. Banyak pemilih menjadikan sikap ulama sebagai acuan menentukan pilihan.

“Posisi ulama sebagai patron politik pemilih, berada di posisi kedua setelah (pertimbangan, red) diri sendiri, yakni 21,7 persen. Jadi pengaruhnya akan besar,” kata Pangi, Jumat (12/4), seperti yang dilansir dari JPNN.com.

Kenapa ulama menjadi dasar pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya? Dijelaskan Pangi, itu karena tokoh agama masih dipercaya masyarakat. Terlebih untuk dai sekelas Ustaz Bachtiar Nasir dan UAS.

“Memang tidak bisa dinafikkan (sikap ulama) ini menjadi faktor yang menentukan, menjadi dasar pertimbangan atau patron politik orang memilih setelah faktor diri sendiri. Ulama memang besar pengaruhnya,” tutur dia.

Saat ditanya seberapa besar pengaruh sikap UAS terhadap elektoral Prabowo dan Sandiaga Uno, Pangi menilai perlu penelitian tersendiri untuk mendapatkan angka pasti. Namun dia memprediksi pengaruhnya akan sangat besar.

Dia bahkan memperkirakan, dengan adanya sentuhan hati dari UAS, jutaan pemilih yang belum menentukan sikap dalam surveinya, sekitar 7 juta orang akan melimpahkan dukungan kepada paslon 02.

“Finishing touch UAS ini kan bukan sentuhan amplop, bukan sentuhan uang, sembako. Ini sentuhan hati. Itu bisa membuat limpahan suara akan besar terhadap Prabowo,” tandas direktur eksekutif Voxpol Center ini.

“Pertemuan UAS dengan Pak Prabowo pasti berdampak pada bertambahnya suara Nahdliyin semakin yakin memilih 02, dan yang sebelumnya disana, sekarang beralih kesini,” ucap Anwar Sadad, Kamis malam (11/4), seperti yang dilansir dari rmoljatim.com.

Diyakininya, hal tersebut tidak lepas dari popularitas dan gaya dakwah UAS yang selama ini cukup bagus di masyarakat. Itu terbukti dengan selalu membludaknya jamaah pengajian ketika yang datang itu Ustadz Abdul Somad. Nah ditengah-tengah jamaah itu, banyak juga warga NU.

“UAS sangat populer di kalangan nahdliyin, Apalagi UAS ini kalau berdakwah dengan cara yang khas ala kiai-kiai NU di masa lalu,” sebut Sekretaris Partai Gerindra Jawa Timur ini.

Dukungan dari UAS ini diperikirakan bisa menggerus suara pemilih dari kalangan ibu-ibu jamaah muslimat NU yang selama ini diklaim banyak di kubu sebelah. Namun Sadad masihi belum bisa menghitung prosentasenya, berapa warga NU termasuk Muslimat NU yang kini beralih dukung Prabowo-Sandi di pilpres 17 April nanti.

Related Post: