Soal Perairan Natuna, Mahfud Md: Tidak Ada Negosiasi Dengan Tiongkok

Kapal TNI Angkatan Laut terus berkomunikasi dengan kapal penjaga Pantai Tiongkok yang masih berada di Laut Natuna untuk meminta mereka keluar dari wilayah Indonesia.
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan Satu Laksamana Madya Yudo Margono di Tanjungpinang Minggu (5/1) siang mengatakan, kapal-kapal TNI AL terus melakukan komunikasi dengan kapal penjaga Pantai Tiongkok untuk meminta mereka keluar dari wilayah Indonesia.

Posisi kapal penjaga Pantai Tiongkok ini berada sekitar 130 mil timur laut Kota Ranai, Kabupaten Natuna. Sebelumnya, pada Senin (30/12/2019) lalu, kapal penjaga Pantai Tiongkok ini masuk ke wilayah Indonesia untuk melindungi kapal nelayan mereka yang mencuri ikan di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md menegaskan Indonesia tidak akan melakukan negosisi dengan Tiongkok terkait posisi wilayah Indonesia di Perairan Natuna. Menurut Mahfud, Tiongkok tidak memiliki hak atas Perairan Natuna dan menegaskan TNI akan menghalau kapal Tiongkok yang masuk ke Perairan Indonesia.

Post Author: CoinCryptoNews