Belum Ada Klub Indonesia yang Mampu Menyaingi Persib Bandung di SMFL

Belum Ada Klub Indonesia yang Mampu Menyaingi Persib Bandung di SMFL

Belum Ada Klub Indonesia yang Mampu Menyaingi Persib Bandung di SMFL

Persib Bandung merupakan klub yang memiliki sejarah panjang dan segudang prestasi. Terlahir di tahun 1933, kiprah Persib di kancah sepak bola Indonesia tidak pernah memudar. Eksistensi tersebut membuat tim Maung Bandung digandrungi puluhan ribu Bobotoh. Pendukung Persib bukan hanya berasal dari Jawa Barat, tapi tersebar hingga pelosok negeri, bahkan banyak Bobotoh yang berada di luar negeri.

Bentuk kecintaan Bobotoh terhadap Persib tidak hanya ditunjukan dengan menonton pertandingan di stadion saja. Mereka pun aktif membicarakan Persib Bandung di media sosial. Aktifitas tersebut menempatkan Persib sebagai duta klub Indonesia yang selalu masuk top 20 besar klub dunia di Social Media Football League (SMFL)

SMFL mempublikasikan klasemen 20 klub yang sering dibicarakan di Twitter, Instagram, dan Facebook. Berdasarkan unggahan Deportes & Finanzas, selama juli 2018, Persib menempati ranking ke-16 dengan total 13,2 juta interaksi di dunia maya.

Maung Bandung hanya berselisih 100 ribu dengan Inter Milan yang menempati ranking ke-15. Hebatnya, Persib sukses melampaui tim Inggris Tottenham Hotspur yang menduduki peringkat ke-17 dengan 11,4 juta interaksi. Klub yang kini dilatih oleh Mario Gomez itu pun mengungguli AC Milan yang menempati urutan ke-20.

Di klasemen yang dirilis oleh Deportes & Finanzas itu pun menampilkan Persija Jakarta di ranking ke-18. Tim Macan Kemayoran melakukan 10,4 juta interaksi di dunia maya selama Juli 2018. Persija menungguli Boca Juniors dan AC Milan.

Persija Jakarta menguasai Instagram dengan 10,3 juta interaksi. Pencapaian itu menempatkan klub kabanggaan Jakmania menjadi tim Asia teratas untuk kategori interaksi di Instagram. Sedangkan Persib menempati ranking kedua dengan 9,4 juta interaksi, disusul Bali United dengan 5 juta interaksi.

Untuk urusan interaksi di Facebook, Persib Bandung menjadi nomor satu di Asia. Hal itu tercantum dalam hasil survei sebuah lembaga studi, Depottes & Finanzas. Studi tersebut mencatat jika Persib masuk ke dalam 20 klub terbaik dunia soal interaksi di media sosial Facebook. Maung Bandung menduduki peringkat kesebelas dengan melakukan total 3.423.025 interaksi di FB resminya.

Persib sukses mengungguli Manchester City yang ada di urutan ke-13. The Citizens cuma berhasil meraih 3.708.059 interaksi. Catatan tersebut membuktikan betapa riuhnya aktifitas Bobotoh di media sosial yang diciptakan Mark Zuckerberg.

Related Post: