Pemerintah Cegah ISIS Pulang Sendiri, Mahfud: Ada Yang Pura-pura Bakar Paspor

Pemerintah Cegah ISIS Pulang Sendiri, Mahfud: Ada Yang Pura-pura Bakar Paspor

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Indonesia sudah memutuskan untuk tidak akan memulangkan ISIS asal indonesia di Timur Tengah. Keputusan tersebut diambil dalam Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Bogor, Selasa (11/2/2020).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah Indonesia menutup seluruh pintu masuk bagi ISIS asal Indonesia.

Mahfud juga tegaskan pemerintah Indonesia telah mengantisipasi masuknya ISIS asal Indonesia melalui jalur negara bebas visa. Menurut Mahfud, yang dikhawatirkan saat ini adanya ISIS yang berpura-pura membakar paspornya, hingga kemudian pulang sendiri melalui negara bebas visa seperti negara-negara di Afrika.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan akan menangkap ISIS asal Indonesia yang nekat pulang ke tanah air melalui jalur ‘tikus’ atau jalur ilegal.

“Kalau jalur tikus ya ditangkap. Yang ada problem itu, ada mereka yang menyembunyikan paspor, bilang paspornya dibakar padahal paspornya cuma pura-pura dibakar lalu melalui jalur-jalur gelap itu melalui negara yang bebas visa,” ungkap Mahfud di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (12/2/2020).

Related Post: